Apa yang saya rasakan setelah melatih lengan nonstop selama 3 bulan


Program 1 ARB-Journal adalah program home workout yang berfokus pada pengembangan lengan (Bicep+Tricep). Program ini tidak hanya melatih lengan, melainkan juga melatih otot bahu, dada dan sedikit kaki serta lari setiap 2 hari sekali.

Jadwal latihan pada program 1 ARB-Journal yaitu:

Day A:
1. Bicep curl (10 Kg) = 8 Rep x 6 Sets (Gerakan lambat terkontrol)
2. Bicep curl (15 Kg) = 6 Rep x 8 Sets (Gerakan lambat terkontrol) 
3. Jumping jack = 45 detik x 3 Sets
4. Dumbbell back extension = 8 Rep x 4 Sets

Day B
1. Push up = 8 Rep x 6 Sets (Gerakan lambat terkontrol)
2. Weighted Push up (Beban 5-10 kg) = 8 Rep x 4 Sets (Gerakan lambat terkontrol)
3. Skull Crusher Dumbbell (10 Kg) = 8 Rep x 6 Sets (Gerakan lambat terkontrol)
4. Military Press Dumbbell (10 Kg) =  8 Rep x 4 Sets (Gerakan lambat terkontrol)
5. Lari = Fokus ke kecepatan (Jarak 2 km my personal record (PR) = 10 mnt 30 detik), setelah puas dengan rekor yang di capai, masuk ke kilometer selanjutnya hingga mencapai rekor yang di harapkan dst.

Rute latihan = Day A - Day B - Day A - Day B - Repeat. (di bolehkan istirahat maksimal 2 kali dalam 1 bulan)

Apa yang dirasakan setelah 3 bulan implementasi Program 1 ARB-Journal ? 

Pada awal bulan latihan beban yang digunakan bukanlah apa yang saya tuliskan di atas, mulai dari beban 5 kg yang saya lakukan kurang lebih 2 minggu dan mulai berkembang hingga pada bulan ke dua saya dapat dengan baik mengkontrol dumbbell 10 Kg untuk bicep curl, begitu juga untuk tricep, tidak dapat di paksakan dengan beban yang langsung berat, karena dapat menyebabkan cidera. Setelah menjalani 3 bulan program 1 berikut adalah hal-hal yang dapat saya pelajari dan simpulkan:

1. Tubuh manusia pada dasarnya adalah sesuatu yang dapat beradaptasi dengan sangat baik dan cukup cepat 

Dengan durasi kurang dari 1 bulan, yang awalnya otot merasakan nyeri setelah latihan berat, setelah beberapa minggu di latih secara terus menerus, recovery otot akan menjadi lebih cepat dan lebih baik, sehingga sangat mungkin bagi kita untuk melatih 1 otot secara terus menerus dengan catatan diberikan 1 hari untuk recovery (2 hari sekali).

2. Pertumbuhan otot dengan melatih nya terus menerus (2 hari sekali) menghasilkan hasil yang sangat mengejutkan 

Dalam 3 bulan, lingkar lengan saya berkembang 6 cm dan disertai dengan turunya body fat (yang menunjukan bahwa otot harusnya berkembang lebih dari 6 cm, dikarenakan berkurangnya lemak pada lengan).

3. Akan ada saat nya kalian merasakan bahwa otot kalian nampak mengecil itu dikarenakan oleh beberapa faktor yaitu: 

a. Lemak disekitar otot tersebut berkurang

b. Kalian mengukur lengan setelah latihan (after pump), sedangkan otot setelah latihan itu hanya di dominasi oleh air, sehingga nampak lebih besar, pada dasarnya kita tidak akan kehilangan massa otot selama kita terus berlatih dan nutrisinya tercukupi.

Berikut adalah hal-hal yang saya dapat dari implementasi program 1 ARB-Journal, Semoga dapat membantu kalian dalam memilih jenis latihan yang kalian inginkan dan butuhkan.

*Latihan ini beresiko cidera dikarenakan stress pada sendi dan otot karena latihan setiap hari, jika kalian merasakan sakit atau nyeri berkepanjangan, hentikan aktifitas atau lakukan dengan beban yang lebih ringan.

Peace

Comments